Wednesday, 30 April 2014

Ruang Lingkup Survey Pembaruan Kelas

Ruang Lingkup Survey Pembaruan Kelas terdiri dari :

  • Pembaruan Kelas I. (umur kapal sampai dengan 5 tahun )
Ruang Lingkup Survey Pembaruan Kelas
Ruang Lingkup Survey Pembaruan Kelas
- Lambung, umum : Atas petunjuk surveyor pada prinsipnya survey meliputi semua ruangan dan bagian konstruksi lambung,terutama sekali didaerah yang dari pengalaman diketahui terkena kelelahan dan korosi, seperti ruang muat, tangki, konstruksi palkah, visor haluan, pintu haluan, pintu samping dan pintu buritan, pondasi mesin, ujung bangunan atas. Pada dasarnya semua ruangan, seperti ruang pompa, terowongan pipa, ruang mesin, ruang kering, koferdam dan ruang kosong harus diperiksa dari dalam termasuk sistem pipa.
- Persiapan : Ruang muat, bilga, dan tangki harus dikosongkan, dibersihkan dan jika perlu bebas gas sesuai petunjuk surveyor sehingga semua bagian konstruksi dapat diperiksa.
- Tangki : tangki balas air laut harus diperiksa.
- Uji kekedapan : setiap kompartment dari alas ganda dan semua tangki yang dinding sekatnya merupakan bagian dari konstruksi utama kapal harus menjalani uji tekan.
- Pengukuran ketebalan : Jika surveyor menduga adanya korosi awal yang tidak dapat diterima ia dapat meminta pembersihan karat dari bagian konstruksi yang diadakan pengukuran ketebalan.
- Kemudi, perlengkapan bukaan geladak dan lain – lain : Survey pembaruan kelas meliputi juga bagian lain yang penting untuk operasi dan keselamatan kapal.
- Konstruksi kamar mesin juga harus diperiksa.
  • Pembaruan Kelas II ( umur kapal 5 s/d 10 tahun )
Persyaratan Pembaruan kelas II identik dengan pembaruan kelas I dengan penambahan :
- Bagian konstruksi dibawah papan alas dalam dan isolasi harus diperiksa sesuai dengan persetujuan surveyor.
-  Semua tangki harus diperiksa dari dalam. Tangki minyak lumas dan air ketel harus menjalani pemeriksaan secara acak sesuai petunjuk surveyor.
- Rantai jangkar harus direntangkan, sehingga panjang keseluruhan dapat diperiksa untuk keausan dan kerusakannya.
  • Pembaruan Kelas III dan Pembaruan Kelas Selanjutnya (umur kapal lebih dari 10 tahun)
Untuk pembaruan kelas III dan pembaruan kelas selanjutnya persyaratan pembaruan kelas II harus dipenuhi, tetapi bagaimanapun, persyaratan tambahan tersebut dibawah ini harus diperhatikan, antara lain :
-  Papan alas dalam dan isolasi ruang muat bilamana perlu harus di buka, untuk memungkinkan pemeriksaan  konstruksi alas dalam dan permukaan bagian dalampelat kulit atau puncak tangki. Untuk pembaruan kelas IV dan seterusnya papan alas ruang muat harus di buka seluruhnya dan puncak tangki, dibersihkan dengan hati -hati sehingga memungkinkan penilaian yang layak atas kondisinya.
- Pelapis dinding di bawah jendela pada kulit luar harus dilepas sesuai dengan permohonan surveyor sehingga bagian konstruksi dibelakangnya dapat diperiksa.
-  Semua tangki harus diperiksa dari dalam. Tangki bahan bakar, minyak lumas dan tangki air ketel harus diperiksa dari dalam dan diuji dengan tekanan kerja maksimum sesuai petunjuk surveyor.
- Tangki muatan dari kapal barang muatan kering harus diuji dengan pengisian air sampai ketinggian bagian paling atas dari ambang tangki,atau jika hal ini tidak mungkin ,dengan udara tekan (  maksimum 0,2 bar )
-  Daun kemudi harus diperiksa. Hubungannya dengan tongkat kemudi dan jika terpasang pada pena kemudi dan peralatan pengaman terkait harus diperiksa.
-  Diameter rata-rata dari rantai jangkar harus diukur paling tidak pada tiga mata rantai setiap panjang rantai. Berat jangkar harus diperiksa.

Ruang Lingkup Survey Mempertahankan Kelas Kapal

Ruang Lingkup Survey Mempertahankan Kelas Kapal Ada 2 yaitu :

a.    Survey Tahunan 
  • Survey tahunan dilaksanakan untuk lambung dan instalasi mesin, termasuk instalasi listrik dan bila ada perlengkapan khusus yang dikelaskan, dilaksanakan pada selang waktu 12 bulan, terhitung dari tanggal dimulai periode kelas seperti yang tercantum dalam sertifikat.
  • Periode survey ( jendela waktu ) : Survey harus dilaksanakan dalam jendela waktu ± 3 bulan dihitung dari hari terakhir dari bulan kalender dimana periode kelas yang sedang berjalan akan genap berumur satu tahun. Untuk kapal dengan akomodasi lebih dari 12 penumpang, survey tahunan harus dilaksanakan tidak lebih lambat dari tanggal jatuh temponya. 
  • Pelaksanaan dan lingkup survey. Bagian konstruksi utama lambung harus dikenakan pemeriksaan visual secara umum, sejauh bisa dicapai, pada kesempatan survey tahunan. Ruang muat dan kamar mesin harus disurvey secara acak, tergantung tipe kapal, umur dan kondisi kapal. Kapal harus disurvey dalam kondisi tanpa muatan apabila memungkinkan. Dalam hal dicurigai adanya kerusakan yang mempengaruhi kelas kapal, Surveyor berhak melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Lubang palkah, pintu sekat, pintu rampa, pintu visor haluan, pintu haluan, pintu samping, pintu buritan, dan lain-lain, dari semua kapal harus disurvey pada kesempatan yang ada, tetapi sekurang-kurangnya setahun sekali, mengenai kekedapan dan kemampuan operasi dari semua penutup. Sebagai tambahan survey menyeluruh, bagian konstruksi berikut dari visor dan pintu harus diperiksa secara seksama :
- Semua engsel dan selinder hidrolik terkait pada lokasi pengamannya.
- Semua bagian pengaman dari alat pengunci dan penahan. Pintu haluan,pintu samping dan pintu buritan dengan bukaan bersih kurang dari 12 meter persegi harus diperiksa sesuai petunjuk surveyor tentang fungsi dan kondisi teknik yang baik. Geladak kendaraan harus disurvey tentang fungsi, kondisi teknik dan pencegahan kecelakaan.
  • Sistem kemudi dan perlengkapan jangkar harus diperiksa untuk kerusakan yang terlihat.
  • Apabila bagian dari ruang muat dibongkar dengan alat cengkram bagian ini harus disurvey sesuai dengan survey ESP untuk kapal curah.
  • Pada kapal yang dilengkapi peralatan untuk angkutan peti kemas, survey tahunan harus mencakup pemeriksaan acak dari
- Kondisi dan asal/identitas bagian pengikat (lepas)/pengunci sesuai dokumen di kapal (gambar penempatan peti kemas yang telah disetujui). 
- Kondisi penyangga peti kemas yang dilas bagian konstruksi kapal atau tutup palka.
  • Untuk tangki air balas air laut, dalam hal kerusakan karena korosi yang berat, survey tahunan dapat disyaratkan.
  • Kapal penumpang: Sebagai tambahan pada survey tahunan yang ditetapkan untuk semua kapal laut dan survey yang harus dilaksanakan selama diatas dock, semua penutup diatas geladak cuaca, sekat kedap air, termasuk semua penutup pada semua visor haluan, pintu haluan, pintu samping dan pintu buritan, pintu kebakaran dan penutup yang sejenis, jalan keluar darurat dan setiap susunan genangan silang harus diperiksa setiap tahun tentang kondisi umum dan fungsinya.
  • Instalasi mesin : Instalasi mesin, termasuk peralatan listrik akan menjalani survey dan  pemeriksaan fungsi tersebut di bawah ini :
- Pemeriksaan umum terhadap ruang mesin dan ruang ketel dengan perhatian khusus pada sistem propulsi, mesin bantu, sumber api dan sumber ledak, dan pemeriksaan jalan keluar darurat yang bebas hambatan.
- Pemeriksaan ruang ketel, bejana tekan dengan peralatannya dan alat pengaman.
- Pemeriksaan dan pengecekan dari pengendalian jarak jauh, peralatan penutup/penahan cepat dari pompa, katup, ventilator, dan lain-lain.
- Pemeriksaan dan pengecekan sistem pengemudian utama dan bantu termasuk perlengkapan dan sistem kendalinya.
- Pengecekan dari sistem komunikasi antara anjungan, kamar mesin, kamar ketel dan kamar kemudi.
- Pemeriksaan sistem bilga, termasuk mekanisme kendali jarak jauh dan peralatan monitor tinggi permukaan air bilga.
- Pengecekan sistem pasokan tenaga utama dan darurat, termasuk perangkat hubung bagi dan instalasi listrik lainnya.
- Survey instalasi kedap ledak.
- Uji kebocoran pada instalasi pendingin yang terpasang secara   permanen.

b.    Survey Antara 

Survey tahunan yang diperluas ditetapkan sebagai survey antara. Jatuh tempo survey antara, ditetapkan  2,5 tahun sejak mulai berlakunya periode kelas dan untuk kapal laut dan instalasi pendingin  dilaksanakan pada survey tahunan kedua atau ketiga. Pada dasarnya lingkup pemeriksaan survey antara sama dengan survey tahunan dengan beberapa penambahan antara lain: 
  • Tangki Balas
Untuk kapal yang berumur 5 tahun sampai dengan 10 tahun, tangki ballast air laut (dipilih secara acak) harus diperiksa untuk kerusakan yang diakibatkan korosi dan atau kerusakan pada lapisan pelindung. Tergantung dari hasil survey, dan khususnya, jika pada tahap pembangunan baru kapal tidak diberi lapisan pelindung, maka survey dapat diperluas dengan tambahan tangki lain yang sejenis. Jika lapisan pelindung tangki dalam kondisi buruk, tetapi tidak diperbaharui, atau diberi “ lapisan lunak “ atau jika ketika dibangun, tangki tidak diberi pelindung korosi yang efektif maka tangki tersebut dapat disyaratkan untuk diperiksa setiap tahun dengan maksud untuk mempertahankan kelas, dan bilamana perlu diukur ketebalan pelatnya. Juga dalam hal tangki alas ganda, survey tahunan dapat disyaratkan untuk dilaksanakan.
Ruang Lingkup Survey Mempertahankan Kelas Kapal
Ruang Lingkup Survey Mempertahankan Kelas Kapal

Untuk kapal berumur 10 tahun atau lebih, pada saat survey antara, semua tangki balas air laut, harus diperiksa untuk mengetahui kerusakan bagian konstruksi lambung dan lapisan pelindung. Jika lapisan pelindung tangki balas air laut, kecuali tangki alas ganda dalam kondisi buruk tetapi tidak diperbaharui, atau jika ketika dibangun, tangki tidak diberi pelindung korosi yang efektif, maka tangki tersebut harus diperiksa setiap tahun, dengan maksud untuk mempertahankan kelas, dan bilamana perlu harus diukur ketebalan pelatnya. Juga dalam hal tangki alas ganda, survey tahunan dapat disyaratkan untuk dilaksanakan
Apabila lapisan pelindung harus diganti semuanya atau sebagian, maka hanya lapisan pelindung yang diakui yang dapat dipakai untuk perbaikan. Seluruh prosedur kerja termasuk penyiapan permukaan harus didokumentasikan.
  • Ruang Muat
Tergantung pada umur kapal dan muatan yang diangkut, maka ruang muat yang dipilih harus diperiksa secara teliti sesuai dengan petunjuk Surveyor untuk memastikan kondisi dari semua bagian konstruksi yang penting.
Visor haluan, pintu haluan, pintu samping dan pintu buritan.
  • Bagian konstruksi yang diperiksa secara seksama, sebagai tambahan harus diuji retak. Pada dasarnya uji retak meliputi :
- Sambungan utama las dan daerah pertemuannya pada lambung maupun visor dan / atau pintu.
- Daerah bertegangan tinggi pada pusat rotasi engsel, sesuai petunjuk surveyor.
- Daerah bertegangan tinggi pada peralatan pengunci dan penahan, sesuai petunjuk surveyor.
  • Las perbaikan.
  • Dudukan elastis dari rumah geladak
Dudukan elastis rumah geladak harus diperiksa dengan seksama untuk kondisi umum dan kemampuan operasi dari :
- Elemen pegas ( kemungkinan adanya tegangan pegas awal dari sambungan sekrup ) 
- Isolasi
- Peralatan pengaman untuk mencegah pergeseran melintang dan vertikal
- Sambungan pipa dan kabel ke lambung
Jika terdapat dugaan adanya kerusakan, maka dudukan yang tidak mudah dicapai harus dilepas dan diperiksa secara rinci.
  • Instalasi mesin dan listrik
Pengukuran berikut ini harus dilaksanakan dan/atau di buktikan telah dilaksanakan dengan berita acara mutakhir :
- defleksi pipi engkol, mesin utama
- defleksi pipi engkol, mesin bantu ( bilamana relevan )
- ruang main bantalan dorong aksial dari sistem poros
- ruang main bantalan dorong aksial dari rotor turbin utama dan bantu
- tahanan isolasi dari generator dan motor listrik yang penting, termasuk kabel.
 
Sebagai tambahan, komponen dari sistem berikut harus menjalani uji operasi :
-Generator darurat, termasuk papan sakelar darurat.
- Katup bilga darurat
- Sistem bilga, ventilasi dan sistem monitor angkutan muatan berbahaya
- Peralatan pengaman bejana udara start dan kontrol
- Uji operasi secara umum dari instalasi mesin dan instalasi listrik untuk pembuktian kemampuan operasional tanpa batas sesuai permohonan surveyor.

Ruang Lingkup Survey Peneriman Kelas Kapal

Ruang Lingkup Survey Peneriman Kelas Kapal ada 2 yaitu :

a. Penerimaan Kelas Bangunan Baru
Pemeriksaan selama pembuatan kapal meliputi :
  • Pemeriksaan scantling check.
  • Pemeriksaan pengelasan.
  • Pemeriksaan deformasi
  • Pemeriksaan bagian dalam tangki-tangki
  • Hose test ( ruang kapal dan kamar mesin ).
  • Hidrolik test untuk tangki-tangki.
  • Semua bagian instalasi mesin yaitu nomor induk, motor bantu dan generator, pompa-pompa, kompressor, botol angin, dan perlengkapan lain yang diperiksa sertifikatnya dan spesifikasinya (marine use).
  • Poros baling-baling, baling-baling, tongkat kemudi dan stern tube  harus dilengkapi dengan sertifikat pengujian dari klas.
  • Setelah bagian-bagian instalasi mesin lengkap terpasang, kapal dilaksanakan sea trial.
Bila hasil sea trial memuaskan, maka kapal diberi sertifikat klas dan sertifikat lambung timbul sementara. Sertifikat klas sementara berlaku maksimum 1 tahun dan sertifikat lambung timbul berlaku maksimum 5 bulan untuk Internasional Load Line Certificate (ILLC 1966) dan maksimum 3 bulan untuk Garis Muat kapal-kapal pelayaran dalam negeri Indonesia (PGMI).
b. Penerimaan Kelas Bangunan Lama
Pemeriksaan yang dilakukan :
  • Item-item survey yang dilaksanakan sesuai dengan survey pembaharuan klas yang disesuaikan dengan umur kapal.
  • Setelah semua pelaksanaan survey selesai maka diadakan sea trial.
Ruang Lingkup Survey Peneriman Kelas Kapal
Ruang Lingkup Survey Peneriman Kelas Kapal
Bila hasil sea trial memuaskan, maka kapal diterbitkan sertifikat klas dalam huruf timbul. Sertifikat klas sementara berlaku maksimum 1 tahun, sertifikat lambung timbul (ILLC 1966) berlaku maksimum 5 bulan dan PGMI 3 bulan. Kapal yang pernah mempunyai klasifikasi asing yang diakui internasional, maka BKI dapat melanjutkan pemeriksaan dalam rangka penerimaan klas sesuai survey status kapal tersebut dengan melaksanakan pemeriksaan tertentu dari lambung, instalasi mesin dan listrik. Setelah kapal memenuhi persyaratan BKI maka sertifikat klasifikasi dapat dikeluarkan dan selanjutnya berlaku ketentuan yang sama seperti kapal yang dibangun di bawah pengawasan BKI.

Sunday, 27 April 2014

Pemecah Gelombang Sambung Pantai (PGSP)

Pemecah Gelombang Sambung Pantai (PGSP)
Pemecah Gelombang Sambung Pantai (PGSP)
PGSP banyak digunakan untuk melindungi pelabuhan dengan energi gelombang yang sampai di daerah pelabuhan serta  sedimentasi di pelabuhan. Oleh karena itu, pemilihan bentuk layout PGSP tergantung pada arah gelombang dominan, ketenangan air di pelabuhan, bentuk garis pantai serta ukuran minimum pelabuhan yang diperlukan untuk melayani kegiatan-kegiatan kapal Berdasarkan ukunan pelabuhan, PGSP dibedakan atas tiga (3) yaitu:



  • PGSP untuk Pelabuhan ukuran Kecil
Untuk pelabuhan kecil pemecah gelombang yang digunakan terdiri dari satu lenganyang berawal dari pantai menuju ke laut yang kemudian membelok dan sejajar pantai
  • PGSP untuk Pelabuhan ukuran Sedang
Pemecah gelombang bisa berupa dua lengan yang menjorok ke laut dari garis pantai dan sebuah pemecah gelombang yang sejajar pantai dan dilengkapi dengan dua mulut untuk masuk keluarnya kapal
  • PGSP untuk Pelabuhan ukuran Besar
Pemecah gelombang mempunyai satu mulut pelabuhan dandigunakan apabila angin dan gelombang berasal dari satu arah. Pemecah gelombang ini terdiri dari dua lengan yang menjorok ke lautdari garis pantai dengan kedua lengan tersebut konvergen danmembentuk suatu celah di laut untuk jalan masuk dan keluarnyakapal.

Pemecah Gelombang Campuran (PGC)

Pemecah gelombang campuran terdiri dari PGST yang dibuat diatas pemecah gelombang tumpukan batu (rubblemound). Bangunan ini dibuat apabila kedalaman air sangat besar dan tanah dasar tidak mampu menahan beban dari PGST. Pada waktu air surut bangunan berfungsi sebagai PGSM, sedangkan pada waktu air pasang berfungsi sebagai PGST, tetapi secara umum pemecah gelombang campuran harus mampu menahan serangan gelombang Pecah.

Ada tiga macam Pemecah Gelombang Campuran (PGC) yaitu :

  • Tumpukan batu dibuat sampai setinggi muka air tertinggi sedangkan bangunan sisi tegak hanya sebagai penutup bagian atas.
  • Tumpukan batu dibuat setinggi muka air terendah sedangkan bangunan tegak harus rnenahan air tertinggi (pasang).
  • Tumpukan batuhanya merupakan tambahan pondasi dari bangunan sisi tegak
Pemecah gelombang campuran
Pemecah gelombang campuran

Pemecah Gelombang Sisi Tegak (PGST)

PGST dibuat apabila tanah dasar (seabed) mempunyai daya dukung yang besar dan tahan terhadap erosi. Apabila seabed mempunyali lapisan atas berupa lumpur atau pasir halus, maka lapisan tersebut harus dikeruk terlebih dahulu kemudian dibuat pondasi dari tumpukan batu untuk menyebarkan beban pada luasan yang tebih besar dasar tumpukan batu ini dibuat agak lebar sehingga kaki bangunan dapat lebih aman terhadap penggerusan.

PGST dapat dibuat dari blok-blok beton massa yang disusun secara vertikal, kaison beton,turap beton,baja dan sebagainya.Suatu blok beton mempunyai berat antara 10 sampai 50 ton Dalam perencanaan pemecah gelombang sisi tegak,perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Tinggi gelombang maksimum yang direncanakan harus ditentukan dengan baik karena stabilitas PGST terhadap penggulingan merupakan faktor penting.
  • Tinggi dinding harus cukup untuk memungkinkan terjadinya Clapotis,yaitu superposisi antara gelombang datang dan gelombang pantul menjadi gelombang stasioner
  • Pondasi bangunan harus dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terjadi erosi pada kaki bangunan yang dapat menbahayakan stabilitas bangunan
Pemecah gelombang sisi tegak dari kaison
Pemecah gelombang sisi tegak dari kaison

Pemecah Gelombang Lepas Pantai (PGLP)

PGLP direncanakan untuk melindungi pantai dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan terjadinya erosi. PGLP dapat dibuat lebih dari satu pemecah gelombang atau rangkaian bangunan yang terdiri dari beberapa pemecah gelombang yang dipisahkan oleh suatu celah.

Efek yang ditimbulkan oleh adanya PGLP ini adalah terjadinya sedimentasi pada daerah belakang bangunan ini. Pengendapan terrsebut menyebabkan terbentuknya cuspat dan apabila bangunan ini cukup panjang terhadap jaraknya dari garis pantai maka akan terbentuk Tombolo untuk mengurangi terjadinya tombolo maka dibuat suatu seri PGLP yang dipisahkan oleh beberapa celah. Energi gelombang yangsampai di daerah terlindung dipengaruhi oleh lebar celah antara PGLP dan difraksi gelombang yang melalui celah tersebut.

Lebar celah paling tidak sama dengan dua (2) kali panjang gelombang rata-rata dan panjang segmen bangunan lebih kecil dari jaraknya ke garis pantai. Proses terbentuknya cuspate, tombolo dan pengaruh suatrt seri PGLP terhadap bentuk pantai di belakangnya dapat ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi terjadinya Cuspate
Ilustrasi terjadinya Cuspate
Ilustrasi terjadinya tombolo
Ilustrasi terjadinya tombolo
Ilustrasi Efek PGLP Terhadap Pembentukan Cuspate dan Tombolo
Ilustrasi Efek PGLP Terhadap Pembentukan Cuspate dan Tombolo

Pemecah Gelombang Sisi Miring (PGSM)

Pemecah gelombang (Break Waters) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk melindungi daerah perairan dan daratan pelabuhan dari gangguan gelombang selain itu pemecah gelombang dapat juga dijadikan stabilisator pengendapan di estuaria-estuaria.

Areal pelabuhan dihubungkan dengan laut oleh mulut pelabuhan (Harbour Entrance) dengan lebar tertentu dan berfungsi sebagai tempat keluar masuknya kapal ke dan dari pelabuhan tersebut dengan adanya pemecah gelombang ini maka daerah perairan pelabuhan  menjadi lebih tenang sehingga kapal-kapal dapat melakukan aktifitasnya dengan baik dan aman.

Pemecah gelombang dibuat sedemikian rupa sehingga mulut pelabuhan tidak menghadap ke arah datangnya gelombang dan arus dominan yang terjadi di sekitar pelabuhan. Gelombang yang datang dengan membentuk sudut terhadap pantai akan menyebabkan arus sepanjang pantai. Kecepatan arus yang cukup besar akan dapat mengangkut sedimen dasar dan membawanya searah dengan arah arus tersebut, sehingga apabila mulut pelabuhan menghadap ke arah arus tersebut maka akan memungkinkan masuknya sedimen dasar ke dalam areal perairan pelabuhan yang berakibat terjadinya  pendangkalan.

PGSM biasanya terbuat dari tumpukan batu alam ,blok beton, gabungan antara  blok beton dengan batu pecah serta batu buatan dari beton dengan bentuk khusus seperti Tetrapod, Quadripod, Tribars, Dolos, dan sebagainya Pemecah gelombang jenis ini banyak digunakan dilndonesia sebab sebagian besar dasar laut di perairan lndonesia terdiri dari tanah lunak (soft clay) serta tersedianya batu alam sebagai bahan utama PGSM Pada bagian atas PGSM dilengkapi dengan dinding beton yang berfungsi untuk menahan limpasan air diatas bangunan.
  • Ada dua macam PGSM,Yaitu :Overtopping Breakwater
Merupakan pemecah gelombang yang direncanakan dengan memperkenankan air melimpas diatas pemecah gelombang. Pemecah gelombang tipe ini biasanya direncanakan apabila didaerah yang dilindungi tidak begitu sensitif terutama terhadap gelornbang yang terjadi akibat adanya overtopping
  • Non-OvertoPPing Breakwater
Merupakan pemecah gelombang yang direncanakan dengan tidak memperkenankan air melintas diatas bangunan tersebut. Pemecah gelombang ini direncanakan apabila daerah yang dilindungi sensitif terhadap gelombang jika terjadi oveitopping.
Pemecah Gelombang Sisi Miring (PGSM)
Pemecah Gelombang Sisi Miring (PGSM)

Adapun prosedur dari perencanaan PGSM adalah sebagai berikut:

1.      Analisa Gelombang, meliputi

  • Penentuan teori gelombang yang sesuai 
  • Penentuan metode perhitungan karakteristik gelombanG
  •  Perhitungan refraksi gelombang 
  • Perhitungan difraksi gelombang
2. Penentuan elevasi puncak gelombang
3. Perhitungan dimensi PGSM, meliputi
  • Perhitungan berat butir batu lapis lindung 
  • Perhitungan lebar Puncak PGSM 
  • Perhitungan tebal lapis lindung 
  • Perhitungan jumlah butir batu lapis lindung

Saturday, 26 April 2014

Pemrograman Berorientasi Obyek

Pemrograman berorientasi obyek adalah suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai komponen dasar dari pemrogramannya. Obyek adalah suatu kesatuan komponen dan struktur yang di dalamnya berisi attribut yang selanjutnya dinamakan dengan member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu obyek. Sebagai suatu analogi  obyek, kita ambil obyek mobil mempunyai member berupa roda, kemudi, body, pintu, lampu, dashborad dan lainnya. Obyek mobil ini mempunyai method berupa maju, mundur, jalan, berhenti, dan berputar. 

Obyek memiliki sifat-sifat, sebagai berikut: 
  • Member / attribut yang menjelaskan variable, parameter atau keadaan (state) dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat member berupa roda, kemudi, seperti yang disebutkan di atas 
  • Method / behavior yang menjelaskan perilaku, kegiatan atau kerja dari  suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat method maju, mundur, berhenti, seperti yang disebutkan diatas. 
Menulis program berbasis obyek menggunakan bahasa Java dilakukan dengan cara membentuk sebuah  class, menentukan variabel member dan menentukan method. Pembentukan class dari suatu obyek ini dinamakan dengan  enkapsulisasi. Untuk menggambarkan suatu obyek digunakan suatu diagram yang dinamakan dengan class diagram. Contoh Model class :
Contoh mpdel Class
Contoh mpdel Class
Class adalah pendefinisian suatu bentuk obyek dengan menyebutkan definisi member dan method dari obyek tersebut. Bisa dikatakan bahwa class merupakan suatu tipe data dari obyek, sedangkan obyek adalah variabel yang menggunakan tipe data yang didefinisikan dalam class. Misalnya kita ingin membuat program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran maka kita  dapat membuat sebuah class mengenai lingkaran dengan nama  Lingkaran1.java.  Seperti yang telah diketahui bahwa lingkaran mempunyai parameter buapa jari-jari dan perhitungan yang bisa dilakukan adalah luas lingkaran dan keliling lingkaran. Sehingga class lingkaran1.java memiliki variabel member  radius  dan beberapa method seperti  
  • void inputData(int data),
  • double hitungLuas(), 
  • double hitungKeliling() dan  
  • void main(String args[]). 
Class tersebut dapat dinyatakan dengan model:
Model Class untuk lingkaran
Model Class untuk lingkaran
Dari Class Diagram tersebut di atas dapat dituliskan program Java sebagai berikut :
class Lingkaran1
{
   double radius;

   public void inputData(int data)
   {
      radius=data;
   }

   public double hitungLuas()
   {
      double Luas;
      Luas=Math.PI*radius*radius;
      return Luas;
   }

   public double hitungKeliling()
   {

      double Keliling;
      Keliling=2*Math.PI*radius;
      return Keliling;
   }

   public void cetak()
   {
      System.out.println("Radius Lingkaran : "+radius);
      System.out.println("Luas Lingkaran : "+hitungLuas());
      System.out.println("Keliling Lingkaran : "+hitungKeliling());
   }

   public static void main(String args[])
   {
      Lingkaran1 ling1=new Lingkaran1();
      ling1.inputData(10);
      ling1.cetak();
   }
}
Hasil dari program di atas adalah: 
Radius Lingkaran : 10.0
Luas Lingkaran : 314.1592653589793
Keliling Lingkaran : 62.83185307179586  
Semoga bermanfaat ...!!!

Tuesday, 22 April 2014

Dua Wallpaper Live Gratis Terbaik Android

Wallpaper Live  maksudnya adalah Wallpaper yang bergerak seolah wallpaper hidup dan sangat nyata baik dlihat ataupun disentuh sekalipun. Sebagian Wallpaper Live hanya menampilkan sebuah gambar atau animasi yang hanya bergerak namun tidak sedikit pula Wallpaper Live yang memiliki respon ketika kita menyentuh layar perangkat android kita. Nah, inilah mengapa dinamakan Wallpaper Live. Untuk Lebih Jelasnya berikut dua Wallpaper Live yang menurut saya sangat keren untuk android kita. Dan gratis.
  • Koi Free
Koi Free Wallpaper Live
Koi Free Wallpaper Live
Download langsung dari perangkat android anda KLIK DISINI.
  • S4 Water Pool ( Free )
S4 Water Pool ( Free ) Wallpaper Live
S4 Water Pool ( Free ) Wallpaper Live
Download langsung dari perangkat android anda KLIK DISINI.

Semoga Bermanfaat..!!!

Thursday, 17 April 2014

Aplikasi English Grammar - Belajar Bahasa Inggris Melalui Android

Belajar Bahasa Inggris Melalui Android dengan Aplikasi English Grammar.


Bayangkan jika sebuah bahan ajar Bahasa Inggris Lengkap berada di genggaman anda. Anda hanya butuh sebuah perangkat android untuk dapat menguasai Bahasa Internasional ( Bahasa Inggris ). Adalah Aplikasi android bernama English Grammar Yang sesuai namanya aplikasi ini berisi tata cara bahasa untuk menguasai Bahasa Inggris.
English Grammar Android
English Grammar Android
Aplikasi ini memberikan bantuan sekaligus contoh-contoh untuk bagaimana seharusnya memakai tenses, bagaimana tata cara bercakap dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Aplikasi English Grammar ini juga memiliki topik-topik penggunaan Active Pasif voice, Adjective, Adverbs, dan banyak lagi.

Beberapa Bantuan Tenses nya diantaranya : Tenses Introduction, Simple Past tense, Past Continuous Tenses, Past perfect Tenses, Past Perfect Continuous Tenses, Simple Present Tense.
Tenses English Grammar
Tenses English Grammar
Sedangkan pada Bantuan Spoken English : Introducting your Self, Using What do You, Using When Do You, Using Will You, Using Would Like to, Greeting dan lain-lain.

Spoken English English Grammar
Spoken English English Grammar
Nah, anda penasaran bagaimana sebenarnya aplikasi English Grammar ini. Anda bisa Download langsung Google Play Store secara Gratis. Download DISINI, Melalui perangkat Android anda. Bintangnya 4.5 loh.

Selamat Mencoba...!!!

Sunday, 13 April 2014

Tutorial Penginstalan Linux Sabayon

Pada tutorial kali ini, saya akan coba menjelaskan tentang :

Tutorial Penginstalan Linux Sabayon adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama masukkan Disk Instaler Sabayon. Kemudian klik instal pada tampilan Autorun nya.
  • Setelah itu akan muncul permintaan untuk memilih bahasa untuk melakukan penginstalan. Setelah memilih bahasa klik NEXT.
Linux Sabayon
Tutorial Linux Sabayon
  • Lalu akan muncul perintah untuk memilih bahasa keyboard yang akan di gunakan. Pilih Bahasa Keyboard yang anda iniginkan. Lalu klik NEXT.
Tutorial Linux Sabayon
Memilih Bahasa Keyboard
  • Kemudian kita diminta untuk memilih letak Driver penginstalan. Baiknya pilih Specialized Storage Device untuk memilih letak penginstalan secara spesifik.
Memilih Letak Driver Linux
Memilih Letak Driver
Memilik Spesifik Letak Driver Linux
Memilik Spesifik Letak Driver Linux
  • Setelah memilih letak device yang kita inginkan. Langkah selanjutnya adalah  memilih lokasi di mana kita berada sekarang.Lalu NEXT.
Memilih Lokasi Penginstalan
Memilih Lokasi Penginstalan
  • Tidak lupa untuk memasukkan password root menjaga keamanan system,dan jangan lupa masukkan
    password yang rumit yang tidak bisa di ketahui oleh orang lain.
Memasukkan Pasword Root
Memasukkan Pasword Root
  • Langkah berikutnya memasukan nama user dan password.
Memasukan Username dan Password
Memasukan Username dan Password
  • Langkah selanjunya memilih tipe penginstalan Linux Sabayon, saya ajurkan untuk mimilih Create Custom Layout untuk mencegah tertimpahnya system operasi lain. Kalau tidak mau repot untuk membagi  partisi yang akan di gunakan  kilik saja replace existing linux system(s) .
Memilih tipe Penginstalan Create Custom Layout
Memilih tipe Penginstalan Create Custom Layout
  • Langkah berikutnya membuat dan membagi root, home, swap, physical volume. Berhati-hati dalam membaginya kalau salah memilih kita bisa memghapus data yang ada di pastisi lain.
Membuat dan membagi root, home, swap, physical volume
Membuat dan membagi root, home, swap, physical volume
  • Langkah berikutnya tinggal melakukan proses penginstalan boot. 
Menginstal Root Linux
Menginstal Root Linux
  • Berikutnya tinggal menunggu proses penginstalan pada Hard Disk selesai.
Proses Instal Linux
Proses Penginstalan
  • Congratulation. Jika berhasil akan tampil seperti gambar berikut.
Penginstalan Selesai
Penginstalan Selesai
  • Terakhir tinggal memilih REBOOT untuk merestart komputer anda.
Sekian, Semoga Bermanfaat ...!!!