ROLEPLAY KONSELING ABORTUS IMMINENS
ROLEPLAY KONSELING ABORTUS IMMINENS
Roleplay Konseling Abortus Imminens

Narator: Di pagi itu di sebuah klinik datanglah seorang ibu hamil bersama suami dan ibunya
Suami: Assalamualaikum
Satpam : Walaikum ssalam pak, bu
Suami : Ada bidannya pak?
Satpam : Iya pak, silakan ..saya antar
Suami : Assalamualaikum bu bidan
Perawat : Walaikumsalam pak, busilakan masuk..silakan duduk
Suami : Terimakasih bu
Perawat : Bagaimana bu, ada yang bias saya bantu?
Ibunya : Begini bu, kami ingin memeriksakan keadaan kandungan anak saya
Perawat : Baik bu,mohon tunggu sebentar yah saya panggilkan bidan yang bertugas hari ini
Ibunya : Baik bu
Bidan : Selamat pagi pak bu
Suami : Selamat pagi bu bidan
Bidan : Pak, bu perkenalkan nama saya bidan nani, hari ini saya yang bertugas di klinik ini. Bagaimana pak, bu ada yang bias saya bantu?
Suami  : Kami kemari ingin memeriksakan kehamilan istri saya
Bidan : Baik pak,bu sebelum melakukan pemeriksaan, saya akan mengambil data singkat ibu dan bapak
Istri : Baik bu bidan

Bidan : NamaIbu                                         NamaSuami                                     
             Umur                                               Umur
             Suku                                                Suku
   TTL                                                 TTL
   Agama                                            Agama
             Pendidikan                                      Pendidikan
             Pekerjaan                                        Pekerjaan
             Pernikahan Ke                                Pernikahan Ke
             Lama Menikah                               Lama Menikah
             Alamat                                           Alamat

Narator : Setelah bidan melakukan pendataan awal, bidan mulai bertanya tentang keluhan ibu
Bidan : Baik bu, apa keluhan ibu sehingga ibu dan keluarga datang berkunjung?
Istri : Begini bidan, kemarin setelah saya beraktivitas seharian dirumah mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tiba- tiba saya mengeluarkan bercakdarah dari kewanitaan saya
Bidan : Sejak kapan itu terjadi bu?
Istri: Sejak kemarin sore bu
Bidan : Oh saya mengerti bu
Suami : Jadi apa yang terjadi pada istri saya bidan ?
Bidan : Begini pak, bu. Ibu harus banyak istrahat karena pekerjaan ibu yang banyak adalah salah satu factor dari keluarnya bercak darah tersebut
Ibunya : Tapi apakah kehamilan anak saya ini masih berlanjut atau tidak bidan ?
Bidan : Bisa bu, selama ibu putri istrahat total dan tidak dulu mengerjakan pekerjaan yang berlebihan lagi, insyahallah bias lanjut bu dan ingat pak, bu jangan berhubungan suami istri dulu karena bias memicu pengeluaran darah lagi dan itu dapat membahayakan kanjani bu
Istri : Oh iya bidan saya mengerti
Bidan : Jadi pak, bu kesimpulan dari keadaan ibu jika bercak darah masih keluar dan terjadi terus menerus itu dapat menjadi ancaman abortus (keguguran)
Ibunya:Jadi apa yang harus kami lakukan bu bidan
Bidan:Seperti yang sudah saya jelaskan tadi pak,bu bahwa ibu putri harus banyak- banyak istrahat dan jangan terlalu banyak bekerja dulu
Suami: Oh seperti itu yah bu bidan?
Bidan:Iya pak
Istri:Untung saja yah pak, tidak terjadi apa-apa
Suami: Alhamdulillah ya bu tidak terjadi apa­-apa
Bidan:Begini bu, jika terjadi sesuatu segera datang memeriksakan kandungan ibu lagi
Istri :Iya bu bidan
Ibunya:Baik lah bu bidan terimakasih atas penjelasannya, kami mohon permisi dulu
Bidan:Iya pak,bu terimakasih sudah berkunjung
Istri:Baik bu bidan,terimakasih kembali
Narator :Setelah beberapa minggu kemudian ibu putri di temani adiknya kembali berkunjung keklinik ibu sehat
Adik :Assalamualaikum satpam
Satpam :Walaikumsalam, eh ibu putri,mari bu saya antar kedalam
Istri :Iya pakt erimakasih
Satpam :Selamat pagi ibu bidan
Bidan :Walaikumsalam silahkan masuk bu
Istri :Iya bu bidan, terimakasih, bidan masih ingat dengan saya
Bidan :Iya,ibu putri kan? Sialahkan duduk bu
Istri :Iya bidan benar, saya ibu putri
Bidan :Bagaimana keadaan ibusekarang ?
Istri : Alhamdulillah bidan,saya sudah merasa lebih baik dan sekarang saya sudah tidak mengeluarkan bercak darah lagi
Bidan : Alhamdulillah ya bu,eh ini siapa bu
Istri :Ini adik saya bu bidan
Adik :Nama saya lisra bu bidan
Bidan : Oh lisra yah
Istri :Baik lah bu bidan, kami mohon permisi dulu kami hanya mampirsaja
Bidan : Oh iya bu, hati-hat ibu
Istri :Iya bidan

0 comments:

Post a Comment

 
Top