Penjelasan Lebih lanjut tentang Las tumpul dan las sudut

Las Tumpul

  •  Tanpa Pekerjaan Pendahuluan (Pelat Tipis).
Las satu belah (A)  Llas dua belah (B)
  •  Dengan Pekerjaan Pendahuluan :
Las satu belah V (C)
Las V – terbuka (hanya untuk Konstruksi yang tidak memikul beban dinamis)
Las V – terbuka
Las Sudut

Las sudut datar : Sambungan jenis ini adalah sambungan las yang paling umum digunakan karena memberikan kekuatan yang sama dengan pemakaian elektroda yang lebih sedikit.
Las sudut datar
Las sudut datar
Las sudut cekung : Pemakaian elektroda lebih banyak dibandingkan dengan las sudut datar .
Las sudut cekung
Las sudut cekung
Jenis Las Lainnya 

Las sumbat dan las slot (plug and slot welds), digunakan untuk menyambung pelat datar seperti dapat dilihat dalam gambar di bawah, dengan membuat satu lubang atau lebih atau slot pada bagian pelat yang diletakkan paling atas, dan kemudian mengisi lubang tersebut dengan logam pengisi sehingga kedua bagian pelat lumer menjadi satu.

Las sumbat dan las slot
Las sumbat dan las slot
Las titik dan las kampuh (spot and seam welds), digunakan untuk sambungan tumpang seperti dapat dilihat dalam gambar di bawah. Las-an titik adalah manik las yang kecil antara permukaan lembaran atau pelat. Lasan titik diperoleh dari hasil pengelasan resistansi listrik. Las-an kampuh hampir sama dengan las-an titik, tetapi las-an kampuh lebih kontinu dibandingkan dengan las-an titik.
Las titik dan las kampuh
Las titik dan las kampuh
Las lekuk dan las-an rata (flange and surfacing welds), Las-an lekuk dibuat pada ujung dua atau lebih bagian yang akan disambung, biasanya merupakan lembaran logam atau pelat tipis, paling sedikit satu bagian ditekuk. Las-an datar tidak digunakan untuk menyambung bagian benda, tetapi merupakan lapisan penyakang (ganjal) logam pada permukaan bagian dasar .
Las lekuk dan las-an rata
Las lekuk dan las-an rata
Aturan dan Prinsip Las


0 comments:

Post a Comment

 
Top