Samakah istilah Bit Per Second (BPS) dengan baud atau baud rate? Untuk menjawab pertanyaan tersebut perhatikan gambar di bawah. Komunikasi serial yang menggunakan RS-232 atau dikenal dengan standar EIA/TIA232 mengatur komunikasi antara komputer (Data Terminal Equipment - DTE) dengan perangkat komputer tambahan (Data Circuit-Terminating Equipment - DCE). Pada banyak literatur, DCE sering diartikan dengan Data Communication Equipment yang mengacu kepada perangkat komunikasi misalnya modem. Sebenarnya DCE lebih luas dari pada modem. DCE adalah perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dengan standar RS232. Misalnya printer, Optical Mark Reader, Cash Register, PABX bahkan jembatan timbang.

Kebanyakan kita membicarakan masalah kecepatan antara DTE ke DCE atau DCE ke DCE. DTE ke DCE adalah kecepatan transfer data antara komputer Anda dengan modem, biasa disebut dengan terminal speed menggunakan satuan Bit Per Second (BPS). Kecepatan DTE ke DCE haruslah lebih cepat daripada kecepatan DCE ke DCE. DCE ke DCE adalah jalur antar modem, kadang disebut dengan line speed menggunakan satuan baud.
Hubungan DTE-DCE-DCE-DTE
Hubungan DTE-DCE-DCE-DTE
 Jadi bila Anda melakukan komunikasi antara dua DTE tanpa menggunakan modem, misalnya mikrokontroler ke komputer desktop makaBPS sama dengan baud.

Sebagai catatan bila Anda melakukan seting kecepatan koneksi modem pada komputer, artinya Anda mengatur kecepatan antara komputer dengan modem, bukan kecepatan antar modem.

Modem saat ini dilengkapi dengan pengkompresi data. Misalnya modem 33,6 KBPS Anda mempunyai perbandingan kompresi 1:8. Maka Anda dapat memperoleh kecepatan transfer data maksimum antara komputer dengan modem sebesar 268,8 KBPS! Tapi bila seting maksimum pada komputer Anda hanya 115 KBPS maka Anda telah kehilangan performa dari modem tersebut mengirimkan data yang telah dikompresi sebelumnya dan mengakibatkan penurunan kecepatan transfer data. Bila ini terjadi Anda dapat mematikan fungsi kompresi data. Beberapa data (misalnya berupa file) dapat dikompres lebih kecil daripada yang lain maka file yang dapat dikompresi lebih mudah secara alami akan mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi.

Cara Menentukan Baudrate

Komunikasi serial mikrokontroler yang sering digunakan untuk berhubungan dengan peralatan lain adalah komunikasi serial pada mode 1. Pada mode 1 kecepatan transfer data atau baudrate dibangkitkan dari timer1 autoreload. Untuk mengisi register timer1 autoreload ini digunakan persamaan berikut:
Menentukan Baudrate
sehingga nilai TH1 dapat dihitung dengan persamaan berikut:
Menentukan Baudrate

Semoga Dapat Membantu Kawan...!!!

0 comments:

Post a Comment

 
Top