Tujuan Sambungan Dalam Konstruksi baja
  • Untuk menggabungkan beberapa batang baja membentuk kesatuan konstruksi sesuai kebutuhan.
  • Untuk mendapatkan ukuran baja sesuai kebutuhan (panjang, lebar,  tebal, dan sebagainya). 
  • Untuk memudahkan dalam penyetelan konstruksi baja di lapangan. 
  • Untuk memudahkan penggantian bila suatu bagian / batang konstruksi mengalami rusak. 
  • Untuk memberikan kemungkinan adanya bagian / batang konstruksi yang dapat bergerak missal peristiwa muai-susut baja akibat perubahan suhu.

Alat- alat Sambung Baja

  • Paku keling (rivet joint)
  • Baut (bolt, nut) 
  • Las
Konstruksi baja baut
Contoh Baut
Struktur baut
Struktur baut




Paku Keling  
  • Sambungan dengan paku keling ini umumnya bersifat permanent dan sulit untuk melepaskannya karena pada bagian ujung pangkalnya lebih besar daripada batang paku kelingnya. Oleh karena itu pengelingan banyak dipakai pada bangunan-bangunan bergerak atau bergetar . 
  • Keuntungan: tidak ada perubahan struktur dari logam disambung. Oleh karena itu banyak dipakai pada pembebanan-pembebanan dinamis. 
  • Kelemahan: ada pekerjaan mula berupa pengeboran lubang paku kelingnya, dan kemungkinan terjadi karat di sekeliling lubang tadi selama paku keling dipasang. 
Paku Keling
Paku Keling
Bagian- bagian  Paku Keling
  • Kepala
  • Badan 
  • Ekor
  • Kepala lepas 
Bahan atau material paku keling: 
  • baja, brass, aluminium, dan tembaga tergantung jenis sambungan/ beban yang diterima oleh sambungan. 
  • Penggunaan umum bidang mesin : ductile (low carbor), steel, wrought iron. 
  • Penggunaan khusus : weight, corrosion, or material constraints apply : copper (+alloys) aluminium (+alloys), monel, dll.

Pada Postingan Berikutnya Akan Dijelaskan Secara Rinci tentang paku keling...

0 comments:

Post a Comment

 
Top