Fabrikasi
fabrikasi bangunan lepas pantai
Fabrikasi BLP
1. Pemesanan dan penerimaan material
- Pemesanan dilakukan oleh divisi/bagian PPC (production planning and control)
- Setelah material datang, kemudian dilakukan verifikasi visual, di periksa kualitas dan kuantitas.
- Juga di periksa mill certificate, dimana dalam sertifikat ini harus sudah di tes chemical composition.

2. Fabrikasi untuk bagian-bagian tertentu
- Bagian-bagian tertentu yang dimaksud disini seperti piping dan material duplex dan material duplex.
- Pada umumnya pipa (tubular) mempunyai bentuk beam, angel, canal, section (square section).
- Pada tahapan ini, gambar desain proyek yang dibuat konsultan maka bagian production engineering dalam perusahaan membuat gambar detailnya (ship drawing). Gambar ini selanjutnya diserahkan kebagian/departemen jy gp fabrikasi untuk dijadikan acuan pelaksanaan produksi di lapangan.

3. Cutting, fitting dan joining bagian konstruksi menjadi komponen-komponen yang lebih besar.
- Berdasarkan gambar detail itu kemudian dimulai proses fabrikasi dibawah pengawasan bagian Quality Control (QC). 
Proses fabrikasi yang terjadi adalah:
-  Proses cutting (cut ptofile) atau proses pemotongan material asal menjadi bagian dari struktur.
- Proses fitting (fit up) atau proses perakitan dimana potongan-potongan elemen struktur yang telah disiapkan kemudian dirangkai menggunakan pengelasan sederhana yang bersifat sementara, untuk kemudian dilakukan check dimensi terhadap bagian tersebut.
-  Setelah itu dilakukan proses joining members into component yang kemudian diikuti oleh tahap pengelasan (welding).

4. Rigging
- Setelah bagian-bagian struktur di fit up dan di las kemudian setelah bagian bagian struktur di fit up dan dilas, kemudian dilakukan proses transfer atau pengangkutan dari lokasi fit up kelokasi assembly dan erection.
- Hasil analisis dan perhitungan terhadap proses rigging dibuat oleh bagian/departemen production engineering dalam sebuah prosedur rigging.

5. Assembly
- Terdiri dari jacket erection dan deck erection.
- Untuk jacket erection, sebelum dilakukan proses ini, harus diyakinkan bahwa komponen-komponen pembentuknya telah selesai dibuat yang terdiri dari:
  • kaki jacket 
  • boat landing
  • brace 
  • riser clamps
  • conductor guides 
  • lifting pad eyes
  • mud mats 
  • sump caison
  • walkways dan handrail

- Keseluruhan komponen-komponen jacket itu kemudian disatukan (erection) sesuai dengan prosedur jacket erection yang dibuat bagian production engineering.
- Pembangunan sebuah jacket harus dilaksanakan di atas rel luncur (skid way) untuk memudahkan dalam proses pemindahan struktur (load out) dari jetty ke barge.
- Setelah proses erection selesai, dilakukan check dimensi dari struktur tersebut apakah sudah sesuai dengan kontrak dan untuk persiapan ke tahapan selanjutnya yaitu penginstalan deck pada jacket serta bagian-bagian lainnya.
- Pada proses erection deck , juga harus dilakukan di atas sebuah rel luncur (skid way) untuk memudahkan dalam proses load out ke barge. Deck ini terdiri dari beberapa bagian yang akan dierection menjadi satu yaitu:
  • sump deck 
  • lower deck
  • mezzanine deck 
  • upper deck

-   Keempat bagian ini sebelumnya harus telah dibuat sebelum dilakukan proses deck erection. p
-  Keempat komponen tersebut akan dierection menjadi satu dengan menggunakan kaki-kaki deck yang menghubungkan seluruh deck tersebut.
- Dalam proses erection, sump deck terlebih dahulu kemudian disusul lower deck dan seterusnya berdasarkan susunan decknya pada kaki-kaki deck tersebut.
-  Setiap kali dilakukan pemasangan deck-deck tersebut selau dilakukan check dimensi.

6. Coating komponen dan perlindungan terhadap korosi
- Material struktur yang digunakan dalam pembangunan umumnya terbuat dari bajasehingga semua bagian-bagiannya harus mendapat perlindungan terhadap korosi diantaranya dengan:
  • desain sistem pengecatan (painting)
  • dengan sistem pelapisan bahan (stainless steel)
  • dengan menggunakan anode, pada kaki jacket dan bracing

- Hal yang perlu diperhatikan dalam proses coating adalah bahwa material yang akan dikenakan coating perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan sand blasting agar permukaan yang sebelumnya terdapat korosi akan terkikis.

7. Penimbangan Struktur
-  Setelah tahap erection selesai, maka jacket dan decknya harus dicheck kembali.
- Setelah diyakini bahwa semuanya sudah terinstal dengan benar, maka kemudian dilakukan kegiatan penimbangan struktur.
- Penimbangan struktur dilakukan untuk mengetahui berat struktur sebenarnya yang kemudian akan dibandingkan dengan perhitungan berat struktur. Selain berat struktur, juga dilakukan penentuan titik berat dari struktur untuk keperluan dilakukan penentuan titik berat dari struktur untuk keperluan load out.
- Berdasarkan informasi berat dan titik berat struktur ini yang kemudian dijadikan dasar untuk perhitungan dan pembuatan prosedur-prosedur selanjutnya.

Quality Control

- Pengawasan dan pengendalian mutu pekerjaan pada industri bangunan lepas pantai umumnya dilakukan oleh bagian/departemen Quality Control bagian/departemen Quality Control.
- Departemen ini bertugas mengawasi, mengendalikan mutu dan memberikan rekomendasi atau usulan-usulan terhadap kualitas pekerjaan sebelum dimulai serta hasil pekerjaan yang menyangkut pekerjaan penanganan bahan (material handling).
-  Pengawasan kualitas (quality control) pada umumnya dibagi atas tiga yaitu:
a. Quality control untuk material – pemeriksaan disini untuk menentukan apakah jenis material memenuhi kriteria yang telah disyaratkan spesifikasi dan kode. Standar pemeriksaan yang dilakukan meliputi: peninjauan kembali sertifikat, pengecekan dimensi, pengecekan keakuratan temperatur dan inspeksi terhadap kondisi permukaan.
b. Quality control untuk proses produksi– terdiri dari tiga hal yaitu:
-  Proses struktural – meliputi pekerjaan inspeksi seperti inspeksi visual terhadap profil, mengontrol kegiatan NDT (non destructive test) dan pengecekan dimensi bahan atau material beserta laporannya.
-  Proses pengelasan – meliputi pekerjaan inspeksi seperti spesifikasi klien, review QC manual untuk pipa dan baja, memberi spesifikasi prosedur pengelasan serta membuat kesimpulan atas pekerjaan yang dilakukan dan mereview prosedur NDT prosedur NDT.
-  Proses perpipaan – meliputi pekerjaan inspeksi seperti review rencana NDT untuk pipa, memberikan laporan terakhir mengenai kondisi akhir pipa sebelum diadakan precommissioning seperti flusing dan hydrotest dan menyusun laporan proses perpipaan dalam bentuk dokumen.
c. Quality control untuk hasil produksi
-  Hasil dari kegiatan proses produksi berupa struktur akan di hasil dari kegiatan proses produksi berupa struktur akan di check secara keseluruhan baik itu pengelasannya, pengecatan, proteksi korosi, dsb. Sehingga hasil dari proses produksi yang dilaksanakan benar-benar telah sesuai dengan kontrak dan prosedur yang telah dibuat oleh owner dan bagian production engineering. 

Load Out

- Proses load out merupakan proses yang paling beresiko dalam proses produksi bangunan lepas pantai (BLP), karena resiko kerusakan sangat besar kemungkinannya terjadi.
- Secara umum ada dua cara untuk proses load out yaitu:
  • jika strukturnya ringan (kecil) dapat langsung diangkat dengan alat angkat yang tersedia.
  • jika strukturnya berat (besar) harus menggunakan skid way (rel luncur).

-Proses untuk struktur ringan tidak terlalu beresiko dibanding dengan proses untuk struktur yang besar sehingga pada tahapan dengan proses untuk struktur yang besar, sehingga pada tahapan ini semuanya harus betul-betul diperhitungkan dengan baik.
- Hal-hal yang biasanya menjadi pertimbangan dalam proses load out adalah: kondisi cuaca pada saat load out, pasang surut air laut, kedalaman perairan dsb.

Hal-hal teknis yang dapat dilakukan agar proses loat out dapat berlangsung dengan aman adalah:
- Pembuatan prosedur engineering – keseluruhan rencana kegiatan proses load out dibuat dalam bentuk prosedur load out. Kegiatan dilapangan harus mengikuti secara benar prosedur yang telah dibuat sehingga kemungkinan timbulnya resiko bisa dihindari.
- Skidding kontrol – karena struktur yang diload out sebelum masuk ke atas barge akan melewati rel luncur (skid way), maka salah satu yang harus diutamakan adalah skidding kontrol. Pada kontrol ini, struktur dengan bobot yang besar secara perlahan-lahan ditarik melewati jalur rel luncur. Dalam proses tersebut struktur berada di atas sepatu luncur (skid shoes) dari bahan kayu yang akan bergesekan langsung dengan rel dari baja dilapisi teflon.
- Jembatan penghubung (connection bridge) – merupakan jembatan yang menghubungkan antara jetty dan barge. Jembatan penghubung tersebut akan dilewati oleh struktur yang ditarik masuk ke atas barge. Design connection bridge berbeda-beda sesuai dengan struktur yang akan dilewatinya dimana bobot menjadi faktor utama. Bahan pembuatan dari baja yang juga dilapisi dengan teflon agar mudah dilewati oleh struktur.
- Ballasting control – proses masuknya struktur ke atas barge secara perlahan-lahan sesuai dengan kontrol ballast. Proses kontrol mempertimbangkan konstruksi barge dan jumlah serta kapasitas pompa yang digunakan. Kesalahan dalam proses ballasting akan berakibat fatal karena struktur dapat tergelincir sehingga menyebabkan kerusakan. Setelah struktur berada di atas barge barulah dilakukan pengikatan terhadap struktur tersebut.

Transportasi

- Proses transportasi bergantung pada barge yang digunakan.
- Barge itu kemudian akan ditarik oleh kapal tarik (tug boat) menuju lokasi penginstalan.
- Beberapa hal penting dalam proses transportasi tersebut adalah:
- barge strength deck – dimana kekuatan konstruksi barge harus dihitung baik pada saat load out maupun dalam proses transportasi.
  • sea fastening – dimana struktur yang ada di atas barge harus diikat dengan ketat dan kuat sehingga dalam proses transportasi tidak terjadi pergeseran struktur yang dapat transportasi tidak terjadi pergeseran struktur yang dapat mengakibatkan kerusakan struktur.
  • ballasting – sama halnya dengan proses load out, proses transportasi juga membutuhkan kontrol ballast dimana jika terjadi kemiriingan atau trim maka dilakukan ballasting agar struktur dan barge tetap berada pada kondisi rata.
Instalasi

- Dalam proses instalasi dilokasi ekplorasi, apabila barge yang mengangkut struktur telah berada di lokasi maka harus dipersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam proses tersebut tersebut.
- Ada bebarapa tahapan proses instalasi struktur jacket tersebut yaitu:
a. Metode instalasi terdiri dari:
  • launching on barge – untuk struktur yang besar ataustruktur tersebut diluar kapasitas alat angkat yang ada. Struktur akan diluncurkan dari atas barge, dimana kemiringan barge diatur sedemikian rupa sehingga struktur bisa meluncur sesuai dengan prosedur yang dibuat. Hal yang harus diperhatikan adalah kontrol ballast pada barge yang membuat struktur meluncur. Setelah berada di laut, struktur di luruskan secara vertikal dengan alat angkat. 
  • lifting – khusus untuk struktur yang lebih kecil atau ringan dan mampu diangkat oleh alat angkat yang tersedia. Struktur yang berada di atas barge akan langsung diangkat dalam posisi vertikal dan diturunkan pada lokasi ekplorasinya dalam posisi vertikal dan diturunkan pada lokasi ekplorasinya. Proses ini lebih mudah karena struktur akan langsung berdiri pada tempat yang telah ditentukan.
    b. Pemasangan tiang pancang dan pipa konduktor
      - Setelah struktur (jacket) selesai diluncurkan dan telah berada pada lokasi operasinya maka tahap selanjutnya adalah pemasangan tiang pancang dimana proses pemasangannya akan menggunakan hammer (palu) yang dibawa oleh derrick terapung. Setelah itu dilaksanakan pemasangan pipa-pipa konduktor pada jacket serta bagian-bagian lainnya.


      c. Pemasangan deck
      - Proses penginstalan deck dilakukan setelah jacket, tiang pancang dan pipa-pipa konduktor telah terpasang dimana deck akan diangkat dengan alat angkat dan kemudian dipasang pada dudukannya yaitu pada bagian atas jacket dan tiang pancang.
      - Setelah dipasang maka diadakan pengelasan untuk menyatukan jacket, tiang pancangn dan deck tersebut.

      d. Instalasi peralatan
      - Peralatan (alat pengeboran generator mesin mesin crane) - peralatan (alat pengeboran, generator, mesin-mesin, crane), listrik dan perpipaan serta seluruh peralatan eksplorasi yang telah dipersiapkan untuk operasional bangunan lepas pantai akan dipasang atau diinstal pada proses ini.

      Pengujian

      Setelah semua terpasang atau terinstal, tahapan selanjutnya adalah:
      - Check up – dimana akan diperiksa ulang dimensi (dimension check) struktur, pengelasan serta seluruh komponen dan perlengkapan yang akan digunakan dalam proses operasional nanti.
      - Start up – dimana untuk pertama kalinya peralatan yang ada pada bangunan lepas pantai tersebut akan di start dan akan dilihat perkembangan apa yang terjadi kemudian di catat dan dilihat perkembangan apa yang terjadi kemudian di catat dan dibuat laporannya yang bisa dilanjutkan dengan langkah perbaikan jika ada kesalahan atau masalah pada start pertama tersebut.

      Serah Terima

      Tahapan dari proses serah terima ini adalah:
      1. Jaminan – jika dalam start up sudah tidak ada masalah lagi maka berarti bangunan lepas pantai tersebut siap untuk diserahkan kepada pemiliknya (owner) dengan jaminan kualitas baik berupa keamanan (safety) dan kualitas (quality) struktur pada anjungan lepas pantai tersebut.
      2. Final payment term – pembayaran tahap akhir dilakukan pada tahap ini jika telah dilakukan serah terima kepada owner Proses tahap ini jika telah dilakukan serah terima kepada owner. Proses ini akan menutup seluruh rangkaian tahapan proses produksi bangunan lepas pantai tersebut.

      0 comments:

      Post a Comment

       
      Top