Periferal

Periferal adalah istilah yang sering terdengar dalam pembahasan perangkat keras komputer. Namun batasan dari periferal sendiri tidak terlalu tegas. Secara sederhana periferal adalah perangkat-perangkat keras yang dapat ditambahkan ke PC untuk meningkatkan kemampuan sistem komputer.

Beberapa periferal yang banyak digunakan :

  • Video card(Graphic card, display adapter, kartu grafis). Digunakan untuk meningkatkan kualitas resolusi grafik di layar monitor. Istilah lain yang sering digunakan adalah VGA Card, istilah ini menjadi populer karena komputer-komputer saat ini menggunakan standar tampilan komputer analog VGA(Video Graphic Array) dan turunannya. Alat ini adalah alat bantu prosesor dalam menerjemahkan tampilan yang akan ditampilkan di layar monitor. Memori yang dimiliki kartu VGA digunakan khusus untuk mengelolah data tampilan di layar monitor. Teknologi Accelerated Graphics Port(AGP) yang dikembangkan intel memungkinkan pengolahan tampilan keluaran berukuran besar dapat dilakukan dengan cepat. 
VIDEO CARD
Video Card
  • Monitor, merupakan alat standar output atau luaran utama sistem komputer. Bersama dengan kartu grafis, keduanya akan menentukan tampilan utama luaran sistem komputer.
  • Sound card(Kartu suara). Digunakan untuk menentukan standar kualitas keluaran suara komputer, sekaligus kualitas masukan suara.
SOUND CARD
Sound Card
  • Speakers. Output suara dari sound card akan diteruskan ke speaker untuk mengeluarkansuara sistemkomputer. Speaker komputer saat ini telah dilengkapi dengan kemampuan kualitas surround(suara 3 dimensi) dan subwoofer.
  • Keyboard Alat standar input komputer
  • Mouse Alat input yang merupakan pointing device yang digunakan untuk mengarahkan kursor di layar monitor. Joystick atau kontroler game lainnya, Alat input yang disesuaikan untuk menjalankan permainan komputer
  • Modem, sebuah modul untuk mendapatkan sambungan internet lewat jalur telepon
  • CD-R/RW drive (burner) Untuk menambahkan kemampuan menulis atau menulis kembali data dari komputer ke CD.
  • DVD drive, agar komputer dapat membaca data dalam bentuk DVD. Biasanya memiliki kemampuan untuk membaca CD juga.
  • DVD-R/RW (burner) Untuk menambahkan kemampuan menulis atau menulis kembali data dari komputer ke DVD. Biasanya juga memiliki kemampuan untuk menulis atau menulis kembali data ke CD. 
  • Hard drive Hardisk yang dianggap periferal adalah secondary harddisk dan seterusya, digunakan untuk menambahkan kapasitas ruang penyimpanan sekunder atau untuk melakukan backup secara periodik terhadap data dari hardisk utama.
  • Memory card reader Untuk membaca data dijital dalam bentuk kartu flash memory, seperti dari kamera digital. 
  • Printer Untuk menghasilkan cetakan dengan kualitas yang baik hingga ke tingkat photo-quality.
  • Scanner Alat yang digunakan untuk men-scan foto atau dokumen ke dalam format dijital dan menyimpannya di hardisk.
  • PC camera Untuk mengirim video secara real-time ke teman atau keluarga, atau berkomunikasi lewat internet menggunakan teknologi webcam.
  • Network card Untuk menghubungkan komputer anda ke sebuah jaringan komputer.
  • Wireless hub atau Router Untuk menciptakan jaringan nir kabel atau membagi koneksi internet broadband ke sejumlah komputer.
  • Wireless network adapter Untuk menghubungkan komputer anda ke sebuah jaringan nir kabel.
  • Digital media server Menghubungkan komputer ke sebuah sistem home audio, agar anda dapat mendengarkan file audio dijital atau internet radio melalui sistem home audio Anda.
Port Yang Ada Pada Komputer

Port komputer hardware berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau devais lain. Setiap komputer memiliki sejumlah port, dengan bentuk yang berbeda-beda, ada yang bulat, kotak, atau persegi panjang. Beberapa port memiliki standar bentuk sendiri seperti port untuk kibor dengan bentuk bulat. Secara umum port komputer terbagi menjadi dua yaitu port serial dan port paralel.

1. Port Serial
Jenis port ini mengirim dan menerima data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal. Port ini banyak digunakan sebagai antarmuka komunikasi serial. Devais yang menggunakan port serial antara lain adalah mouse, terminal, modem, keyboard dan sejumlah periferal lainnya.

PORT SERIAL
Port Serial

2. Port Paralel
Berbeda dengan port serial, port paralel dapat mengirim dan menerima sejumlah bit data pada satu saat melalui satu set kabel. Jumlah kabel atau bentuk port paralel dapat bervariasi. Sebagian besar orang memahami port paralel hanya sebatas printer port, contoh lain dari port paralel adalah port untuk disk drive.

Port Paralel
Perkembangan USB port telah banyak menggantikan printer port, hingga komputer-komputer saat ini tidak lagi dilengkapi dengan printer port.

3. Universal Serial BUS(USB)
USB adalah pengembangan dari port serial. Sejumlah vendor dari devais standar seperti mouse dan printer telah beralih menjadikan usb sebagai cara koneksi ke komputer.

USB Flash Disk
USB Flash Disk

Saat ini USB devais(alat yang terkoneksi ke komputer melalui USB) paling populer adalah USB Flash Disk, yang merupakan media penyimpan sekunder dengan ukuran kecil namun memiliki kapasitas yang cukup besar untuk keperluan sehari-hari.

Kelebihan USB berada pada kemudahannya dalam melakukan koneksi devais ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB dirancang untuk tidak bergantung kepada expansion slot, dan USB devais yang akan dipasang atau dicopot tidap perlu me-reboot komputer. USB mendukung arsitektur daisy-chain ganda. Hal ini diimplementasikan dengan usb hub yang terkoneksi ke usb kontroler.

USB HUB
USB HUB

Sebuah USB hub selain dapat menampung sejumlah USB devais, juga dapat menampung sejumlah USB hub, begitu pula halnya USB hub tersebut dapat menampung sejumlah USB hub berikutnya. Pada aklhirnya akan membentuk rangkaian usb devais dengan struktur tree. Jumlah tingkat/level usb hub yang tersusun maksimal adalah 5 tingkat, sedangkan jumlah USB devais yang terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

0 comments:

Post a Comment

 
Top