Artikel kali ini membahas beberapa hal yang merupakan materi pengantar dasar komputer. Materi yang dibahas adalah sistem komputer, perangkat keras, perangkat lunak dan sistem operasi Microsoft Windows. Standar kompetensi Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah standar kompetensi no 2, Mengidentifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak yang Berkaitan dengan Sistem Informasi dan standar kompetensi no 3 : Menggunakan Sistem Operasi (Operating System) untuk Manajemen file dan periferal

Sistem Komputer 

Banyak cara untuk menggambarkan sebuah sistem komputer. Berdasar komponen-komponen pendukungnya agar dapat bekerja sebuah sistem komputer terdiri dari hardware, software dan brainware. Hardware adalah komponen perangkat keras berupa sekumpulan peralatan elektronis, software adalah komponen perangkat lunak atau program dan data yang ada di komputer, sedangkan brainware atau humanware atau user adalah manusia yang mengoperasikan komputer. Dalam konteks sistem informasi, ketiga komponen tersebut akan melakukan tiga buah proses yaitu proses input data, pemrosesan data, dan proses untuk menghasilkan output berupa produk informasi. 

Proses input data adalah kegiatan memindahkan data ke dalam bentuk dijital untuk dijadikan data masukan ke sistem komputer. Agar data dapat digunakan kembali sebaiknya data tersebut disimpan di sebuah file tunggal atau ke dalam sebuah basis data. Bagian pemrosesasn data adalah proses mengelola data menjadi informasi. Sekumpulan data yang dikelola akan memiliki nilai berarti hingga menghasilkan keluaran berupa informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. 

Perangkat Keras 

Dalam sebuah sistem komputer, perangkat keras didefinisikan sebagai komponen-komponen komputer yang dapat ditangkap dengan indera peraba kita. Sejumlah perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, sedangkan komponen-komponen lainnya adalah komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer. 

Komponen Pokok Perangkat Keras 

1. Prosesor Prosesor(Processor, Central Procesing Unit), adalah bagian dari perangkat keras komputer yang dianggap sebagai "otak" komputer". Alat ini menentukan sejauh mana kecepatan komputer melakukan instruksi. Kecepatan prosesor digambarkan dengan istilah clock cycles, saat ini kecepatan prosesor mutakhir telah berada pada kisaran GigaHertz. Beberapa produsen prosesor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. Sejauh ini intel masih menguasai pasar CPU.
Prosesor Intel pentium
Prosesor Intel pentium

2.  Motherboard

MOTHERBOARD
Sebuah Motherboad



Motherboard (mainboard, logic board atau system board) adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer. Sebuah motherboard PC memiliki sejumlah slot dan soket untuk meletakkan sejumlah komponen perangkat keras lainnya seperti : 1. CPU(Central Processing Unit) 2. Random Access Memory(RAM) 3. Basic Input-Output System(BIOS) 4. Sejumlah Bus seperti ; PCI bus, AGP bus, ISA bus, EISA bus dan USB

MOTHERBOARD
Slot-Slot Motherboard
Motherboard memiliki sejumlah expansion slot, yaitu sejumlah slot yang dapat diisi dengan card untuk menambah kemampuan komputer. Slot-slot tersebut terdiri dari beberapa jenis, jenis-jenis slot yang dimaksud adalah :
  • PCI (Peripheral Component Interconnect). Slot berwarna putih, biasanya tersusun berderet di kebanyakan motherborad saat ini. Karena paling popuper, sebuah motherboard dapat menyediakan hingga 5 PCI slot. 
  • PCI-Express (Peripheral Component InterconnectExpress). Biasanya berwarna hitam, dianggap akan menggantikan seluruh jenis slot yang ada. Dikeluarkan dalam sejumlah ukuran(1X, 4X, 8X dan 16X). Belum banyak yang menggunakannya. 
  • AGP (Accelerated Graphic Port). Biasanya berwarna coklat, berbeda dengan lainnya slot AGP hanya digunakan untuk Video Card. Biasanya diletakkan sejajar dengan PCI slot, berada di tengah motherboard. 
  • ISA (Industry Standard Architecture). Berwarna hitam. Terletak sejajar dengan PCI slot, di bagian pinggir motherboard. Slot yang satu ini sudah tidak terlalu populer. 3. Memori Memori berfungsi untuk menyimpan data. Kecuali memori sekunder(hardisk), memori juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang dijalankan.
3. Memori

Memori berfungsi untuk menyimpan data. Kecuali memori sekunder(hardisk), memori juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang dijalankan.

Terdapat beberapa jenis memori, berdasar tingkat kecepatannya, memori terbagi menjadi :
1. Register
2. Cache memory
3. Main memory
4. Memori sekunder.

Register berada pada prosesor atau dapat dikatakan sebagai memory internal prosesor, merupakan jenis memory yang paling cepat. Cache memory merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer. Mein memory terdiri dari ROM(Read Only Memory) dan RAM(Random Access memory). Sedangkan Memori sekunder lebih ditujukan kepada media penyimpanan data jangka panjang, seperti hardisk. 

RAM adalah memori yang paling dipilih untuk meningkatkan kecepatan sistem komputer karena harganya relatif murah dibanding dua jenis memori diatasnya. Main memory disebut memori utama, karena digunakan sebagai ruang memori utama untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang berjalan. Setiap komputer memiliki RAM dalam ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM, semakin banyak instruksi dan data yang dapat disimpan pada satu saat. Untuk saat ini komputer dengan prosesor intel Pentium 4, biasa menggunakan ukuran RAM 256 MB atau 512 MB. Memori diukur dalam satuan byte, dimana satu byte sama dengan 8 bit(binary digit) secara umum adalah ukuran satu karakter di sebuah sistem komputer. Satuan yang lebih besar dari byte adalah kilobyte atau sekitar seribu byte(1024 byte), 1024 adalah 2 pangkat 10. Berturut-turut selanjutnya satuan ukuran memori adalah megabyte, gigabyte, terabyte dan seterusnya.

Prosesor mengambil data dan instruksi dari RAM, memprosesnya dan menuliskan data baru kembali ke RAM dalam siklus yang berulang-ulang. Kegiatan pemindahan data antara prosesor dan RAM terjadi jutaan kali setiap detik. Pada saat sebuah aplikasi ditutup, aplikasi tersebut beserta file yang bersangkutan biasanya dihapus dari RAM untuk menyediakan tempat bagi data baru. Berdasar cara penyimpanan data, RAM dibagi menjadi dua jenis yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data di dalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala. Sedangkan Dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya. Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat daripada SRAM.

DRAM mendukung waktu akses hingga 60 nano detik, sedangkan SRAM dapat mendukung waktu akses hingga 10 nano detik. Sebagian besar jenis RAM yang banyak dijumpai di pasar bertipe dinamis disebabkan mahalnya jenis memori SRAM.

Beberapa Tipe DRAM
  • FPM DRAM(Fast Page Mode DRAM), generasi pendahulu yang sudah tidak diproduksi, digunakan pada komputer 386 dan 486.

RAM
Edo RAM
  • EDO DRAM(Extended Data Out DRAM). Lebih baik dari FPM, tetapi tidak dapat bekerja pada bus dengan kecepatan lebih dari 66 MHz.
  • BEDO RAM(Burst EDO RAM), pengembangan dari EDO RAM,
  • SDRAM(Synchronous DRAM), memiliki kecepatan yang cukup tinggi, dan saat ini masih banyak di jumpai di pasar. Pada dasarnya melakukansinkronisasi dengan kecepatan bus CPU. Setiap keping SDRAM memiliki ciriberupa label "PC", yaitu PC100 atau PC133, yang menunjukkan kecepatannya. SDRAM PC100 dirangang untuk mendukung bus 100 MHz.

RAM
SDRAM
  • RDRAM(Rambus DRAM) dikembangkan perusahaan Rambus Inc. RAM yang sangat cepat, mendukung kecepatan hinngga 800 MHz.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM), Disebut juga SDRAM II atau DDRAM, merupakan pengembangan SDRAM. Menggandakan kecepatan SDRAM. Mengkonsumsi sedikit power listrik, hingga cocok digunakan untuk notebook. DDR-SDRAM. DD-RAM dan RDRAM diharapkan akan segera menggantikan RDRAM.
4.  Hardisk

Hardisk(hard disk drive(HDD), hard drive, hard file) adalah sebuah media penyimpanan yang bersifat non-volatile(data tidak hilang apabila komputer dimatikan). Data di dalam hardisk disimpan di permukaan lapisan-lapisan magnetis plat hardisk. Sebagai media penyimpan, hardisk memiliki kapasitas penyimpanan. Saat ini kapasitas hardisk yang umum digunakan untuk personal computer dengan prosesor pentium IV adalah sekitar 20 – 80 GB. Selain kapasitas, harddisk memiliki ukuran kecepatan transfer data yang ditulis dalam satuan rpm(rotation per minute), pilihan yang mudah dijumpai adalah 5400, 7200 rpm atau 10000 rpm.
Hardisk

0 comments:

Post a Comment

 
Top