Postingan kali ini akan menjelaskan tentang Diode dalam Sebuah Rangkaian Elektornika.

Diode digolongkan dalam komponen aktif yakni komponen yang bila dialiri aliran listrik akan menghasilkan suatu tenaga dalam bentuk penguatan listrik yang melaluinya. Diode mngandung bahan semikonduktor yang terbuat dari bahan PN Junction yaitu suatu bahan campuran yang terdiri dari bahan positif ( P type ) dan bahan negatif ( N type ).
Diode
Diode
Diode memiliki 2 buah kaki yang masing-masing disebut kutub anoda ( positif ) dan kutub katoda ( negatif ) dan pada diode arus listirk akan mengalir dari kutub anoda menuju kutub katoda.

Fungsi Diode Komponen Elektronika yaitu :

  • Penyearah arus dan tegangan listirk
  • Pengaman arus dan tegangan listirk
  • Memblokir arus dan tegangan listirk
Beberapa Macam Diode dalam bidang Elektronika yaitu :

DIODE SILIKON

Diode silikon berfungsi sebagai pnyearah dan banyak dipakai dalam rangkaian power supply. Diode  umunya diberi tanda gelang sebagai penunjukkan kutub katoda. Contoh :
Diode
Contoh penggunaan diode silikon dalam sebuah rangkaian elektronika adalah sebagai berikut :
Diode SIlikon
Diode SIlikon
DIODE GERMANIUM

Diode Germanium banyak digunakan sebagai detektor dalam rangkaian pesawat penerima radio. Bentuknya kecil mirip resistor dan diberi tanda pada badanya untuk menunjukan kutub katoda.
Diode Germanium
Diode Germanium
DIODE SILENIUM

Diode Silenium
Diode Silenium
Diode ini berfungsi sebagai penyearah atau perata rangkaian elektornika. Biasa dipakai pada power supply dan memiliki 4 kaki. 2 di pakai untuk input tegangan arus bolak balik ( AC ) dan 2 lagi sebagai output berupa tegangan aru searah DC.





DIODE KUPROX

Bentuk dan fungsi hampir sama dengan diode silenium seta memiliki 4 buah kaki. Dalam rangkaian digambarkan sebagai 4 buah diode seperti gambar.
Diode Kuprox
Diode Kuprox
DIODE RECTIFIER

Bentuknya seperti sebuah baut besar yang dirancang khusus untuk dapat dilalu arus besar. Banyak dipakai pada rangkaian power supply dengan arus yang tinngi.
Diode Rectifier
Diode Rectifier
DIODE ZENER

Berfungsi sebagai pembatas tegangan, bentuknya seperti gambar.
Didoe Zener
Didoe Zener
Contoh penggunaan Diode Zener dalam rankaian adalah sebagai berikut :
Penggunaan Diode Zener dalam rangkaian
Penggunaan Diode Zener dalam rangkaian
DIODE LED

Diode ini sangat banyak digunakan karena dalapat menghasilkan cahaya warna warni sehingga banyak dipakai sebagai rangkaian lampu atau sebagai lampu indiktor. Diode LED memiliki 2 kaki berbentuk panjang dan pendek untuk membedakan kutub anoda dan kutub katoda.
Diode LED
Diode LED
DIODE SCR

Banyak dipakai untuk pemicu atau saklar dalam rangkaian catu daya bolak bali ( AC ) sehingga dapat membatasi arus dan tegangan yang dipakai suatu beban.
Diode SCR
Diode SCR
Sedangkan bentuk rangkaian elektronika yang menggunakan SCR seperti Gambar ini.
Penggunaan Diode SCR
Penggunaan Diode SCR
DIODE TRIAC

TRIAC atau Triode Alternating Current adalah diode yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan SCR. Dalam pemasangannya TRIAC menggunakan keping pendingin karena TRIAC menghasilkan panas yang berlebihan.
Diode TRIAC
Diode TRIAC
DIODE PHOTO CELL

Diode Photo Cell
Diode Photo Cell
Prinsip kerja diode photo cell adalah bila kena cahaya tahanannya akan berubah dan banyak dipakai sebagai sensor dalam suatu rangkaian.








Dalam rangkaian digambarkan sebagai berikut :

Sekian Penjelasan tentang Diode Komponen Rangkaian. Semoga Bermanfaat..!!

0 comments:

Post a Comment

 
Top