Seperti kita ketahui sebelumnya protokol TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antar komputer. Nah, tahukah anda kini TCP/IP telah memiliki beberapa aplikasi-aplikasi android yang dapat kita download dan gunakan secara gratis.

Inilah beberapa Aplikasi Android TCP/IP :

  •  OSI model & TCP/IP model
Aplikasi ini tersedia di Google Play Store. Yang dapat anda Download secara gratis DISINI
Aplikasi ini memiliki penjelasan-penjelasan seputar OSI model, TCP/IP model, Ports, TCP/IP Classed, IEEE yang menurut saya cukup lengkap untuk menambah pengetahuan kita tentang TCP/IP. Namun kekuranganya adalah aplikasi ini menggunalkan Bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya Tampilan Umum Aplikasi OSI model & TCP/IP model adalah sebagai berikut :
Aplikasi ISO MODEL & TCP/IP model
Aplikasi ISO MODEL & TCP/IP model
  •  TCP Socket
Aplikasi ini anda dapat melakukan komunikasi antar proses/program melalui jaringan TCP/IP. Aplikasi ini menghubungkan antara Client dan Serever melalui Jaringan WiFi. Jadi saat menggunkannya anda harus mengaktifkan WiFi perangkat anda terlebih dahulu. Tempat Download DISINI. Untuk Tampilannya seperti hambar di bawah ini :
Aplikasi TCP Socket
Aplikasi TCP Socket
  • TCP/IP Tester
Aplikasi ini bisa di dowonload DISINI. Seperti namanya aplikasi ini berfungsi untuk mengetes TCP/IP. Tampilan aplikasinya seperti ini :
Aplikasi TCP/IP tester
Aplikasi TCP/IP tester
  • TCP/IP ( Ipconfig )
Fungsi dari aplikasi ini sebenarnya sama dengan ketika menuliskan perintah ipconfig pada CMD di komputer. Yang hasilnya akan tampil informasi-informasi koneksi internet kita mulai dari Nama Jaringan (SSiD), IPAddress, DNS, Mac Addres dll. Tampilan aplikasi ini sederhana. seperti gambar.
Aplikasi TCP/IPconfig
Aplikasi TCP/IPconfig
Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi android yang berlatar TCP/IP. Untuk lebih jelasnya langsung ke Google Play Store. Semoga dapat bermanfaat..!!!

0 comments:

Post a Comment

 
Top