PGLP direncanakan untuk melindungi pantai dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan terjadinya erosi. PGLP dapat dibuat lebih dari satu pemecah gelombang atau rangkaian bangunan yang terdiri dari beberapa pemecah gelombang yang dipisahkan oleh suatu celah.

Efek yang ditimbulkan oleh adanya PGLP ini adalah terjadinya sedimentasi pada daerah belakang bangunan ini. Pengendapan terrsebut menyebabkan terbentuknya cuspat dan apabila bangunan ini cukup panjang terhadap jaraknya dari garis pantai maka akan terbentuk Tombolo untuk mengurangi terjadinya tombolo maka dibuat suatu seri PGLP yang dipisahkan oleh beberapa celah. Energi gelombang yangsampai di daerah terlindung dipengaruhi oleh lebar celah antara PGLP dan difraksi gelombang yang melalui celah tersebut.

Lebar celah paling tidak sama dengan dua (2) kali panjang gelombang rata-rata dan panjang segmen bangunan lebih kecil dari jaraknya ke garis pantai. Proses terbentuknya cuspate, tombolo dan pengaruh suatrt seri PGLP terhadap bentuk pantai di belakangnya dapat ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi terjadinya Cuspate
Ilustrasi terjadinya Cuspate
Ilustrasi terjadinya tombolo
Ilustrasi terjadinya tombolo
Ilustrasi Efek PGLP Terhadap Pembentukan Cuspate dan Tombolo
Ilustrasi Efek PGLP Terhadap Pembentukan Cuspate dan Tombolo

0 comments:

Post a Comment

 
Top