PGST dibuat apabila tanah dasar (seabed) mempunyai daya dukung yang besar dan tahan terhadap erosi. Apabila seabed mempunyali lapisan atas berupa lumpur atau pasir halus, maka lapisan tersebut harus dikeruk terlebih dahulu kemudian dibuat pondasi dari tumpukan batu untuk menyebarkan beban pada luasan yang tebih besar dasar tumpukan batu ini dibuat agak lebar sehingga kaki bangunan dapat lebih aman terhadap penggerusan.

PGST dapat dibuat dari blok-blok beton massa yang disusun secara vertikal, kaison beton,turap beton,baja dan sebagainya.Suatu blok beton mempunyai berat antara 10 sampai 50 ton Dalam perencanaan pemecah gelombang sisi tegak,perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Tinggi gelombang maksimum yang direncanakan harus ditentukan dengan baik karena stabilitas PGST terhadap penggulingan merupakan faktor penting.
  • Tinggi dinding harus cukup untuk memungkinkan terjadinya Clapotis,yaitu superposisi antara gelombang datang dan gelombang pantul menjadi gelombang stasioner
  • Pondasi bangunan harus dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terjadi erosi pada kaki bangunan yang dapat menbahayakan stabilitas bangunan
Pemecah gelombang sisi tegak dari kaison
Pemecah gelombang sisi tegak dari kaison

0 comments:

Post a Comment

 
Top