Kriteria-kriteria yang dilakukan ketika melakukan Survey Tahunan Kapal adalah :

Pada Bagian Lambung Kapal / Hull part dilakukan Survey :
  • Survey tahunan dilaksanakan untuk memastikan bahwa kondisi lambung kapal, alat-alat penutup dan peralatan keselamatan dalam keadaan baik
  • Survey tahunan lambung dilaksanakan bersamaan dengan survey tahunan mesin 
  • Selain oil dan chemical tanker, muatan harus kosong / sebagian kosong sehingga tidak mengganggu pelaksanaan survey jatuh tempo
  • Survey tahunan dilaksanakan antara 3 bulan sesudah dan 3 bulan sebelum (time window) tanggal anniversary 
  • Untuk kapal yang mengangkut penumpang lebih dari 12 orang pelaksanaan survey tidak ada time window. Penundaan pelaksanan survey tahunan harus persetujuan kantor pusat sesuai permintaan pemilik
Survey Tahunan Kapal
Survey Tahunan Kapal
Procedure for survey / Prosedur Survey nya yaitu : 
  • Pelat lambung diatas garis air, geladak cuaca, bangunan atas, railing, railing diperiksa eksternal
  • Ruang muat diperiksa secara acak. Jika sebagian ruang muat menggunakan grab saat bongkar muat, dilaksanakan ESP survey 
  • Sekat melintang diperiksa kekedapannya
  • Perhatian khusus agar diberikan untuk kapal yang memuat bahan korosif.
  • Bagian - bagian kapal yang disurvey saat survey tahunan agar diperhatikan :
o    Bukaan lambung, survey berdasarkan form... , uji kekedapan, uji fungsi dan clearance harus dilaporkan
o   Palka, ambang palka, kekedapan tutup palka (baja / kayu / steel pontoon), peralatan penutup palka (tarpaulins, cleats, hatch battens, hatch wedges and hatch securing bars)
o   Small hatches, pintu kedap cuaca and skylights diperiksa kondisi ambang dan karet kedap, kekuatan pintu dan pengunciannya
o    Ventilator, pipa udara dan pipa sounding diperiksa kondisinya dan sambungan ke geladak
o    Side scuttles dan dead lights diperiksa kekedapannya dan bisa terkunci
o    Scupper and pipa buang diperiksa acak. Kendali jarak jauhnya diperiksa bahwa bekerja baik
o    Peralatan jangkar diperiksa sejauh mungkin. Haws, bollards dan cleats diperiksa acak
o    Jalan / pintu darurat diperiksa. Harus dalam keadaan bebas dan diberi petunjuk arah
o    Pintu kedap di sekat kedap, penembusan sekat, pintu tahan api, pelindung api diperiksa dan diuji fungsi
o    Steering gear dan auxiliary steering gear diuji fungsi
o  Untuk kapal Container atau ECC pemeriksaan acak bahwa loose container stowage dan lashing components yang digunakan diapprove oleh BKI
o    Pintu rampa diperiksa dan diuji fungsi
o    Persyaratan tambahan untuk General Dry Cargo ships, sesuai Rules Vol. I
o    ESP di cargo area untuk Bulk Carriers dan Oil Tanker
Survey of container stowage and lashing component 
  • Berlaku untuk kapal dengan notasi 'Container Ship' atau 'ECC'
  • Pemeriksaan acak terhadap container stowage and lashing component 
  • Dokumen stowage & lashing plan tersedia diatas kapal, jika tidak ada harus direkomendasikan untuk disiapkan, diapprove kantor pusat dan disimpan diatas kapal.

Bagian Mesin kapal / Machinery part dilakukan survey sebagai berikut :


General

Survey tahunan dilaksanakan untuk memastikan bahwa seluruh instalasi permesinan termasuk mesin induk dan mesin bantu, boiler, bejana tekan, katup-katup, peralatan keselamatan dan instalasi listrik dalam keadaan baik
Lingkup pemeriksaan Performance / uji coba di kapal antar lain :
  • Peralatan penggerak utama dan bantu, meliputi pemeriksaan uji fungsi, kebocoran, kekedapan seal poros baling2, kondisi isolati dari pipa buang/boiler, kondisi peralatan monitoring, alarm bilga
  • Steering gear, meliputi uji fungsi, penunjuk arah, alarm dan komunikasi dengan anjungan
  • Boiler
  • Instalasi listrik, meliputi uji fungsi emergency generator, circuit breaker trip, uji black out, synchronization
  • Fire-protection dan Safety equipment, meliputi instalasi CO2, portable fire extingusher, hidran dan selang pemadam
  • Annual survey harus menjamin bahwa cargo handling installation dapat bekerja dengan baik, karenanya pelaksanaan survey seyogyanya bertepatan dengan proses bongkar / muat (spool pieces, loading / unloading, cargo hose ,spray shield, drip tray) 
  • Equipment on weather deck tersebut dibawah ini harus diperiksa oleh surveyor :
o    Cargo tank hatch, seal & cover
o    Cargo tank pressure / vacuum relief valve & flame arrester
o    Air pipe head & flame arrester
o    Crude oil washing , bunkering, ballast & cargo tank vent line system
o    Cargo tank gauging system
o    Emergency towing appliances for oil tanker > 20.000 DWT
o    Safe access to tanker bow 
  • Pump room. Equipment didalam pump room agar diperiksa terhadap kemungkinan adanya kebocoran dan potential source of explosion :
o    Kondisi bulkhead dan penetrasinya
o    Piping system & pressure gauge
o    Cargo, stripping, bilge & ballast pump for leakage
o    Electrical / mechanical remote control and emergency stop equipment
o    Ventilation system
  • Electrical installation
  • Fire extinguishing system
  • ballast tank (pemeriksaan internal) :
o    Suspect area hasil dari survey intermediate / renewal sebelumnya
o    WBT yang berhubungan langsung dengan cargo tank yang dilengkapi dengan heating equipment
Additional item Survey General Dry Cargo Ship 

General
  • Bulk carrier
  • Container carrier
  • Dedicated forest product carrier (no timber or log carrier)
  • Ro-ro cargo ship
  • Dedicated wood chip carrier
  • Refrigerated cargo ship
  • Car carrier
  • Cement carrier
  • Deck cargo ship
  • Ship carrying timber cargoes termasuk kategori general dry cargo ship
Pemeriksaan performance additional item Survey General Dry Cargo Ship  yaitu :
  • Suspect area yang terindikasi dari class renewal / intermediate sebelumnya harus dilaksanakan overall / close-up survey, thickness measurement agar dilakukan pada daerah substantial corrosion
  • Kapal umur 10-15 tahun, overall survey terhadap representative FWD & AFT cargo hold dari tween deck space harus dilaksanakan, jika ditemukan substantial corrosion maka surveyor dapat memperluas cakuan survey ke cargo hold yang lain
  • Kapal umur > 15 tahun, overall survey terhadap seluruh cargo hold dan tween deck space dan juga close up survey minimum terhadap 25 % frame untuk mengetahui kondisi 1/3 bagian bawah shell frame, shell plating dan sambungan pengelasan atau frame dengan tank top pada cargo hold depan. satu cargo hold lagi yan dipilih dilakukan pemeriksaan yang sama. Jika hasil pemeriksaan ditemukan substantial corrosion, maka pemeriksaan harus diperluas.

0 comments:

Post a Comment

 
Top