Setelah pada sebelumnya dijelaskan tentang Survey Tahunan dan Docking Survey. kali ini saya akan coba jabarkan tentang Survey Pembaruan Kelas

Pada Bagian Lambung Kapal / Hull Part.

Survey umumnya yaitu :
  • Untuk menentukan periode klas yang baru 
  • Kapal tetap fit untuk 5 tahun kedepan
Survey Jatuh Tempo.
  •  Setelah berakhirnya sertifikat
  • Jika dilaksanakan cicilan pembaruan klas, maksimal total waktu cicilan = 15 bulan
Prosedur Survey / procedure for survey - general yaitu :
  • Lingkup survey tergantung dari umur kapal
  • Untuk general dry cargo tambahan lingkup sesuai rules volume I
Class Renewal I.

Surveinya yaitu :
  • Harus diatas dok
  • General inspection - item Tahunan + Antara
  • Pemeriksaan Internal 'Air pipe head'
  • Jangkar & rantai jangkar agar diturunkan untuk pemeriksaan visual 
  • Hawse pipe, chain locker & chain stopper agar diperiksa termasuk pompa pengering chain locker agar ditest
  • Rudder in place + pengukuran clearance 
  • Seluruh cargo hold diperiksa internal 
  • Ballast Tank
o    Seluruh tangki ballast diperiksa internal. Bila hasil pemeriksaan ditemukan 'hard protective coating' dalam keadaan 'poor condition', menggunakan 'soft coating', tangki ballast sejak new building tidak dicoating atau ditemukan subsantial corrosion, maka untuk maintenance class harus dilaksanakan pemeriksaan internal terhadap tangki-tangki tersebut pada tahunan interval, dicatat sebagai memoranda
o    Seluruh tangki ballast agar dilaksanakan hydrostatic pressure test
o    Pemeriksaan internal diluar tangki ballast
o    Hydrostatis pressure test selected
o    Thickness measurement disyaratkan bila surveyor menemukan suspect area dalam pelaksanaan survey
  • Terapung
o    Geladak cuaca , bulwark, railing
o    Bangunan atas, rumah geladak,
o    Elastic mounting
o    Palka
o    Small hatch, sky light
o    Ventilasi
o    Pipa udara
o    Pipa sounding
o    Jendela
o    Bukaan lambung
o    Pintu sekat
o    Walkway
o    Mast
o    Mooring
o    Stowage fitting
o    Uji fungsi peralatan launching dari peralatan keselamatan
o    Ruang muat
o    Kamar mesin
o    Pemeriksaan internal tangki , koferdam
o    Permeriksaan cat pelindung korosi
o    Pengukuran ketebalan
o    Instalasi pelindung api
o    Instrument bongkar muat
o    Pemeriksaan pintu rampa
  • Kapal container / ECC
o    Pemeriksaan container stowage
o    Pemeriksaan komponen container stowage / lashing harus approved BKI 
  • Bulk carrier / oil tanker
o    Sesuai ESP

Class Renewal II
Surveunya yaitu :
  • Kapal umur 5 < age <= 10 tahun
  • Pembaruan I + Additional : 
  • Rantai jangkar agar dikalibrasi
  • Ceiling & insulasi dibuka random dan pelat dibelakangnya agar diperiksa 
  • Pemeriksaan internal tangki ballast sama dengan Renewal I 
  • Hydrostatic pressure test random
  • Pemeriksaan internal diluar tangki ballast sama dengan Renewal I 
  • Pemeriksaan cat pelindung 
  • Pengukuran ketebalan
  • Uji beban peralatan launching dari peralatan keselamatan 
Class Renewal III
Surveinya adalah :
  • Kapal umur 10< age <= 15 tahun
  • Pembaruan II + Additional 
  • Ceiling & insulasi dibuka semua dan pelat dibelakangnya agar diperiksa 
  • Jangkar ditimbang 
  • Tongkat kemusi dicabut, clearance diukur 
  • Ruang muat diisi air s/d ambang palka 
  • Pemeriksaan internal tangki bahan bakar, minyak pelumasan dan air tawar 
  • Pengukuran ketebalan :
Class Renewal IV
Surveinya berupa :
  • Pembaruan III +:
  • Bottom ceiling cargo hold dibuka dan pelat diukur ketebalan 
  • Tangki alas ganda air laut diperiksa internal
Commencement of New Period Class

Periode klas baru berlaku mulai tanggal berakhirnya sertifikat atau tanggal selesai survey jika survey selesai 3 bulan sebelum berakhirnya sertifikat tambahan survey sesuai form.

Pada bagian Mesin / Machinery part

Survey General antar lain :
  • Pergunakan maker manual untuk menentukan acceptance criteria
  • Perhatian untuk bagian-bagian :
o    Crank web deflection
o    Radial bearing clearance
o    Axial bearing clearance
o    Clerance pada crosshead
o    Keausan piston
o    Keausan liner
o    Kekencangan baut tie rod
o    Baut-baut pondasi
Scope of survey 
  • Sistem propulsi
  • Mesin bantu 
  • Sistem minyak pelumas
  • Sistem bahan bakar 
  • Sistem udara bertekanan 
  • Sistem pendingin air tawar
  • Sistem pendingin air laut 
  • Sistem bilga 
  • Sistem ballast 
  • Sistem steam 
  • Sistem condensate 
  • Sistem air boiler 
  • Sistem minyak panas
  • Instalasi listrik 
  • Sistem pemadam kebakaran dan peralatannya 
  • Peralatan keselamatan
  • Suku cadang
Instruction for performance 
  • Mesin induk, 4 cilinder unit (piston, liner, silinder head, bearing) harus dibuka dan diperiksa, jika ada cacat maka seluruh cilinder unit diperiksa
  • Pemeriksaan instalasi mesin oleh kepala kamar mesin pada saat ini dapat diterima jika dicatat dan uji fungsi baik. Untuk mesin bantu bisa 2 bulan sebelum survey pembaruan 
  • Mesin yang belum mencapai jam kerja yang dianjurkan maker dapat tidak dioverhaul dengan memeriksan crank web deflection dan membuka 1 unit cilinder 
  • Jika ada bagian yang belum diperiksa, dapat diberikan rekomendasi maksimal 3 bulan kecuali poros baling-baling dan boiler 
  • Uji tekan bejana tekan dilaksanakan 
  • Setelah selesai diperiksa, seluruh instalasi mesin di uji coba
Additional item survey for General dry cargo shipPemeriksaan Perfomance
  • Seluruh tangki ballast dilaksanakan internal inspection dan hydraulic pressure test pada setiap SS
  • Untuk tangki selain ballast
  • Persyaratan minimum close up survey sesuai umur kapal
  • Persyaratan minimum thickness measurement sesuai umur kapal
Survey Pembaruan Kelas
Survey Pembaruan Kelas

0 comments:

Post a Comment

 
Top